puma-adidas-300x191    adi rudolfdasslerpumafounder

Tahukah anda kalau sebenarnya Adidas dan Puma  bersaudara??? Ya, pemilik dua brand ternama tersebut ternyata sepasang kakak beradik. Dia adalah sang adik Adolf Dassler dan sang kakak Rudolf Dassler. Mereka adalah kakak beradik yang terlahir dari background seorang ayah yang menggeluti dunia pembuatan sepatu dan memiliki perusahaan kecil.

Semua berawal pada tahun 1924, ketika itu sang adik Adolf Dassler mendirikan sebuah perusahaan bernama “Gebrüder Dassler Schuhfabrik (Dassler Brothers Shoe Factory)”. Sang kakak Rudolf Dassler memutuskan untuk bekerjasama dengan sang adik dalam menggeluti perusahaan tersebut. Mereka sangat bersungguh-sungguh dalam mengembangkan perusahaan itu. Usaha mereka mengenalkan brand perusahaan itu diawali dengan menjadi sponsor atlet. Atlet yang mereka sponsori adalah Jesse Owen. Dibawah sponsor mereka, Jesse berhasil mendapatkan medali emas pada olimpiade musim panas tahun 1936 cabang lari. Dari situ brand mereka berkembang cepat hingga penjualan mencapai 200.000 pasang sepatu.

Setelah itu terjadi konflik antara mereka berdua, sebenarnya dikarenakan kesalah pahaman. Pada saat itu mereka bergabung dengan partai Nazi. Ada saatnya tentara sekutu datang untuk menyerang mereka. Adolf berusaha memanjat tembok untuk menyelamatkan diri ke sebuah ruangan yang sudah ada Rudolf dan keluarganya. Adolf mengeluarkan kata-kata kasar pada tentara sekutu, namun Rudolf mendengarnya dan berpikir kalau Adolf sudah menghinanya. Dari situ konflik terjadi (kisah tersebut hanya salah satu versi, masih ada versi lain mengenai sebab terjadinya konflik antara mereka).

Sang kakak dan adik memutuskan untuk berpiah, sang kakak Rudolf membentuk brand Puma dan sang adik Adolf membentuk brand Adidas. Sampai akhir khayatnya mereka berdua masih terus berselisih. Tetapi dibalik kisahnya, mereka berdua adalah orang-orang yang luar biasa. Kita tahu bagaimana suksesnya brand Adidas dan Puma sampai saat ini.